Pertemuan Kader Desa Siaga

Aditya Pertama 24 Oktober 2019 09:39:20 WIB

PoncoWarta – Desa/Kelurahan Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), adanya bencana, kecelakaan dan lainnya. Pengembangan Desa/Kelurahan Siaga mencakup upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat desa, mensiapsiagakan masyarakat menghadapi berbagai masalah kesehatan, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat. Peran kader dalam pengembangan Desa/Kelurahan Siaga sangat dibutuhkan terutama dalam menggerakkan masyarakat, pengamatan terhadap berbagai masalah kesehatan didesa, peningkatan upaya kesehatan lingkungan, peningkatan kesehatan ibu, bayi dan balita, dan mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana. 

Bertempat di Pendopo Balai Desa Poncosari, Selasa (22/10/2019) Kader Desa Poncosari melaksanakan pertemuan rutin guna membahas hal-hal penting yang ada di Desa poncosari untuk dapat memberikan penanganan secara tepat. Dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Poncosari, Kader Pembangunan Manusia (KPM) Pendamping Desa, Bidan Desa Poncosari, dan seluruh kader masing – masing Dusun Desa Poncosari.

Sambutan dari Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Dalijo menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat, yaitu :

  • Operasi zebra dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober hingga 05 November 2019, mohon untuk melengkapi surat –surat dan patuhi tata tertib berlalulintas karena biaya tilang cukup tinggi dan juga yang utama perhatikan keselamatan berkendara. Untuk yang bepergian menggunakan mobil diharapkan untuk selalu memakai sabuk pengaman.
  • Menyikapi kerusuhan sepak bola yang terjadi belakangan ini di Yogyakarta, diharapakan agar para orang tua untuk mengawasi dan memberikan arahan pada anak-anak agar tidak ikut dalam aksi kerusuhan yang menimbulkan banyak kerusakan.
  • Di jalan baru Dusun Babkan – Kukap pada sore hari terutama pad ahari Sabtu-Minggu banyak anak-anak SD yang menjadikan jalanan untuk ajang balap motor, mohon untuk memberikan pengarahan yang tepat kepada anak-anak sekitar.

 

Sambutan dari KPM Pendamping Desa menyampaikan apresiasi kepada para kader bahwa pada kegiatan di bidang kesehatan bertambah semakin baik, diharapkan pada tahun-tahun berikutnya dapat lebih ditingkatkan lagi menjadi yang terbaik

Sambutan dari Ketua Kader Desa Siaga Marwatiningsih menyampaikan dan menghimbau kepada para ibu-ibu kader untuk setiap saat memperhatikan anak-anak uyang bermain HP, dikhawatirkan dampak negatif dapat berpengaruh pada perkembangan anak.

Diharapkan dengan adanya pertemuan rutin kader desa siaga ini dapat dengan baik dan semaksima mungkin dalam memetakan permasalahan kesehatan dan lainnya sehingga dapat diatasi dengan tepat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar