Sosialisasi Tanaman TOGA

Aditya Pertama 23 Januari 2020 11:29:42 WIB

PoncoWarta_Dusun Bayuran - Bertempat di Balai Pelatihan Pertanian (BPP)Kecamatan Srandakan yang berada di Dusun bayuran, KKN tematik UMY bekerjasama dengan BPP mengadakan sosialisasi pemanfataan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)pada Minggu (12/01/2020) lalu.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman hasil budi daya rumahan yang berkhasiat sebagai obat, dimanfaatkan dalam upaya peningkatan kesehatan baik dalam upaya preventif, promotif maupun kuratif. Umumnya TOGA dimanfaatkan sebagai minuman kebugaran, ramuan untuk gangguan kesehatan ringan berdasarkan gejala, ramuan khusus untuk lansia, memelihara kesehatan ibu, meningkatkan gizi anak.

Dihadiri oleh warga masyarakat Dusun Bayuran kegiatan acara sosialisasi di mulai pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan sosialisasi ini ditujukan untuk para ibu-ibu rumah tangga KWT.

Dalam pemanfaatannya, Tanaman Obat Keluarga (TOGA)dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu
Kesehatan : Sebagai Pemeliharaan Kesehatan, Penanggulangan Penyakit dan Perbaikan Status Gizi
Lingkungan : Sebagai Kelestarian alam, Penghijauan dan Estetika
Ekonomi : Tanaman obat dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa karena dengan menanam tanaman obat tersebut masyarakat dapat menggunakan tanaman tersebut sebagai obat namun tanaman obat tersebut dapat dijual sehingga menambah penghasilan
Sosial Budaya : Dengan penanaman TOGA merupakan upaya pelestarian budaya leluhur dalam memelihara dan mempertahankan budaya masyarakat

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar