Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik menjadi Pupuk Kompos

Aditya Pertama 23 Januari 2020 11:46:28 WIB

PoncoWarta_Dusun Bayuran - Bertempat di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) yang berada di Dusun Bayuran Desa poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul, Rabu (22/01/2020) warga masyarakat Bayuran menghadiri kegiatan sosialisasi pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos dengan menggunakan kompester ember tumpuk (KOMET).

Dihadiri oleh Perwakilan dari pengurus BPP, Perwakilan dari Kelurahan Desa Poncosari, Dukuh Dusun Bayuran, Kelompok KKN UMY beserta DPL dan warga masyarakat dusun bayuran kegiatan sosialisasi dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Dwi Wantoro ST.,MT selaku narasumber menjelaskan tentang sosialisasi pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos dengan menggunakan kompester ember tumpuk. Dalam keseharian, komposter merupakan sebuah metode pengolahan sampah organik menjadi kompos yang kemudian bisa digunakan sebagai pupuk. Komposter Ember Tumpuk ini yang kemudian disingkat KOMET dilatar belakangi makin terbatasnya lahan untuk mengolah sampah secara tradisional dan dibutuhkan kompos untuk nutrisi tanaman. Tujuan untuk mengolah sampah organik dapur menjadi pupuk kompos sekaligus pupuk cair.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan untuk para peserta tentang pembuatan komposter melalui meida pengkomposan menggunakan ember yang tidak memakan banyak tempat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar