Pelatihan Jurnalistik Warga Desa Guna Optimalisasi Web Desa Poncosari

Aditya Pertama 26 Januari 2020 20:51:07 WIB

PoncoWarta - TIM KKN 074 dan TIM KKN 088 desa Poncosari tahun 2020 mengadakan Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi dalam rangka optimalisasi SID (Sistem Informasi Desa) / Website Desa Poncosari.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Poncosari, Srandakan, Bantul pada hari Sabtu (25/01/2020) pada pukul 08.30 WIB. Peserta Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi ini dihadiri oleh Pamong Desa Poncosari, Mahasiswa KKN UMY dan Pemuda Pemudi perwakilan 12 Dusun dari 24 Dusun di Desa Poncosari.

Diadakannya Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan Web Desa Poncosari. Dalam Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi ini terdapat 3 narasumber yaitu Agus Heri Kurniawan selaku Kaur TU&Umum Desa Poncosari, Ade M Wirasenjaya, dan Saudara Akbar Nur Aziz serta moderator Bapak Sugito.

Sambutan dari Ika Wahyu Nurrini, SE selaku Kasi Pelayanan yang mewakili Lurah Desa Poncosari mengucapkan rasa terimkasih atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, kegiatan pelatihan ini sangat diharapkan dalam pengembangan dan pengoptimalan terkait dengan Website Desa Poncosari.
Narasumber pertama Agus Heri Kurniawan memaparkan materi Program Sistem Informasi Desa (SID) Poncosari, Dasar Hukum Sistem Informasi Desa, Tujuan SID, Manfaat SID dan Penerapan SID di tingkat Desa.

Narasumber kedua Ade M Wirasenjaya, ia pertamanya seorang wartawan sebelum menjadi Dosen. Bapak Ade dalam Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi ini memaparkan materi Pengembangan Jurnalistik Desa. Jurnalistik itu ada berbagai macam tulisan yaitu Laporan, Berita Langsung news yang mengandung 5W 1H, Investigasi, dan Feature.

Narasumber ketiga Saudara Akbar Nur Aziz merupakan mahasiswa UMY yang aktif dalam bidang Fotografi. Saudara Akbar dalam Pelatihan Jurnalistik Warga dan Fotografi ini memaparkan materi Teknik Dasar Fotografi. Fotografi itu sangat berpengaruh dalam sebuah berita agar mendapatkan hasil yang lebih bagus dan menarikk. Jurnalistik Fotografi tidak boleh dimanipulasi sedikitpun harus real sesuai apa yang terjadi sebenarnya seperti warna, dan bentuk.

Dalam kesempatan ini para peserta diberikan tugas untuk membuat suatu berita dari kegiatan pelatihan ini. Menurut beberapa narasumber, tingkat penulisan para peserta sudah sangat baik dalam pembuatan berita dan dipilih 4 peserta dengan tulisan terbaik untuk diberikan bingkisan dari panitia.

Acara pelatian yang selesai pada pukul 13.00 WIB ini diharapkan agar para peserta dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan website Desa Poncosari.

 

Kontributor : Dinar

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar