Sosialisasi PHBS Sebagai Langkah Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Aditya Pertama 27 Januari 2020 09:32:58 WIB

PoncoWarta_Dusun Kuwaru - Mahasiswa KKN UMY bekerjasama dengan Dukuh Kuwaru mengadakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)terhadap ibu-ibu PKK di Dusun Kuwaru Sabtu (25/01/2020).

Bertempat di rumah Hari Agung Nugroho, S.Pd selaku dukuh dusun Kuwaru acara sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dimulai pada pukul 10.00 WIB. Dihadiri oleh Narasumber dari DPL Mahasiswa KKN UMY, Dukuh Kuwaru, semua anggota KKN UMY dan perwakilan dari ibu-ibu PKK Dusun Kuwari.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Dalam sosialisasi ini terdapat beberapa indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga yang dapat dijadikan acuan untuk mengenali keberhasilan dari praktek perilaku hidup bersih dan sehat pada tingkatan rumah tangga, diantaranya :
1. Melahirkan harus ditolong tenaga kesehatan.
2. Pemberian ASI Ekslusif pada bayi selama 6 bulan, lalu pemberian ASI dan makanan pendamping sampai bayi berusia 2 tahun.
3. Lakukan penimbangan bayi setiap 3 bulan sekali
4. Penggunaan air bersih
5. Cuci tangan pakai sabun
6. Menggunakan toilet
7. Pemberantasan jentik nyamuk
8. Makan sayur- sayuran yang mengandung vitamin A
9. Olahraga 30 Menit per hari
10. Dilarang merokok dirumah.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat khususwa warga masyarakat dusun Kuwaru dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Selain itu, dengan menerapkan PHBS warga masyarakat Kuwaru mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar