Kesehatan Mental Dalam Islam

Aditya Pertama 27 Januari 2020 09:57:47 WIB

PoncoWarta_Dusun Kukap - Kelompok 166 Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY) di Dusun Kukap, Poncosari, Srandakan, Bantul mengikuti pengajian rutin. Pengajian rutin yang dilaksanakan pada hari Sabtu (25/01/2020) ini dimanfaatkan oleh kelompok KKN 166 sebagai salah satu program penyuluhannya. Adapun materi yang diangkat dalam program penyuluhan ini berjudul “Kesehatan Mental Dalam Islam”. 

Program penyuluhan dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB ini bertempat di rumah Suratman, warga Rt 002 Dusun Kukap. Hal ini karena pengajian rutin ini diadakan di rumah beberapa warga secara bergilir dengan tujuan silaturahmi. Selain itu juga bertujuan sebagai perantara pengumpulan simpan pinjam dana warga.

Cahyo Setiadi Ramadhan, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 166 UMY, menjadi pemateri dalam pengajian sekaligus program penyuluhan tentang kesehatan mental terutama dalam agama Islam. Hal ini karena menurutnya kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan mental masih rendah, yang mana kerap memunculkan stigma negatif terhadap orang dengan gangguan jiwa. Sesuai dengan pernyataan Camat Srandakan bahwa terdapat orang dengan gangguan jiwa di kecamatan Srandakan. Ia juga menyatakan bahwa terkadang masyarakat masih bingung dalam menghadapinya. Terlebih dalam hubungan antara kesehatan jiwa dan agama, dimana orang dengan gangguan jiwa dipandang sebagai orang yang kurang beriman. Padahal pandangan tersebut belum tentu benar adanya. Stigma negatif dan ketidaktahuan itu berdampak buruk. Melihat kondisi ini maka perlu untuk diadakan penyuluhan tentang kesehatan mental dalam Islam.

Setelah diadakannya program penyuluhan ini, kelompok KKN 166 berharap agar masyarakat di Dusun Kukap memahami tentang kesehatan jiwa ataupun hubungannya dalam agama Islam, tidak lagi memandang orang dengan gangguan jiwa secara negatif, sekaligus paham akan cara dan sikap dalam menghadapi orang dengan gangguan jiwa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar