Menuju Hidup Sehat, KKN UMY Melaksanakan PSN

Aditya Pertama 28 Januari 2020 11:28:39 WIB

PoncoWarta_Dusun Kukap - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 166 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berada di dusun Kukap, Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul mengadakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Kukap Guna Mencegah Demam Berdarah Dengue Dengan Pembagian Abate, Minggu (12/1) lalu.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes agypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok KKN 166 UMY yang bekerja sama dengan Puskesmas Srandakan, Dinkes Kab. Bantul serta kader – kader setiap RT di dusun Kukap ini.Kondisi masyarakat dusun Kukap sendiri terbilang masih kurangnya kesadaran diri terhadap kebersihan lingkungan rumahnya, dapat dilihat dari hasil PSN yang didapat masih berada dibawah batas minimum bebas jentik. Sehingga, hampir semua kepala keluarga di dusun ini memerlukan Abate untuk membersihkan jentik- jentik nyamuk di rumah mereka.

Haidar selaku ketua KKN 166 mengungkapkan “PSN ini termasuk kedalam program kerja yang telah direncakan oleh kelompok kami dengan mengingat adanya masukan dari salah satu warga yang menyebutkan ada beberapa yang masuk ke Rumah Sakit yang di duga terkena DBD ditambah dengan musim penghujan sehingga diperlukan kegitan ini,” ujarnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Gambar

Studio Gibli

Lokasi Poncosari

tampilkan dalam peta lebih besar