Pelaksanaan Posyandu dalam Rangka Menciptaan Lingkungan Layak & Ramah Anak

Aditya Pertama 01 Agustus 2022 10:24:27 WIB

PoncoWarta - Mahasiswa KKN UNY K2022-26112 ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan posyandu pada hari minggu (17/07/2022)lalu. Kegiatan posyandu ini meliputi balita dan lansia dan dilaksanakan di rumah Yuni Isnantoro selaku kepala dusun Godegan Poncsoari Sradnakan Bantul.

Dalam kegiatan posyandu ini, mahasiswa KKN UNY K2022-26112 turut serta dalam persiapan tempat meliputi: membersihkan lokasi, menyiapkan tikar, menata meja, dan menyiapkan alat pengukuran yang akan digunakan. Disamping itu, mahsiswa KKN juga membantu dalam mempersiapkan konsumsi berupa makanan padat gizi berupa nasi, sayur, lauk, buah, dan susu kedelai. Pengadaan konsumsi untuk kegiatan Posyandu diakomodir oleh Kader Posyandu secara bergantian. Pada pelaksanaan Posyandu bulan Juli, RT 01 dan RT 02 yang bertugas menyiapkan konsumsi.

Kegiatan Posyandu dilaksanakan mulai pukul 09.30 – 13.30 WIB, dihadiri oleh ibu-ibu, balita, dan lansia. Pelaksanaan kegiatan Posyandu meliputi: pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala untuk balita. Kemudian pemantauan tumbuh kembang melalui buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) oleh Kader Posyandu. Sedangkan untuk lansia, meliputi pengukuran berat badan dan tekanan darah. Seluruh peserta Posyandu mendapatkan konsumsi yang sudah disiapkan.

Berdasarkan pengamatan mahasiswa KKN UNY K2022-26112 selama pelaksanaan Posyandu dan penuturan Bapak Kepala Padukuhan Godegan, masih banyak balita yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu. Hal tersebut menjadi salah satu permasalahan yang membuat data stunting di Kalurahan Poncosari tinggi. Setelah kegiatan Posyandu berakhir, seluruh kader Posyandu berkumpul, melakukan evaluasi, dan membahas terkait progress tumbuh kembang balita yang hadir.

Komentar atas Pelaksanaan Posyandu dalam Rangka Menciptaan Lingkungan Layak & Ramah Anak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License