Struktur Organisasi PPID
Aditya Pertama 19 Februari 2025 09:59:04 WIB
Struktur organisasi PPID Kalurahan Poncosari terdiri dari:
NO |
JABATAN DALAM TIM |
JABATAN DINAS |
NAMA |
1 |
Tim Pertimbangan |
Tim Kalurahan |
Tim Pertimbangan PPID |
2 |
Atasan PPID |
Lurah Poncosari |
H. Supriyanto, SE, S.Pt |
3 |
PPID |
Carik |
Sunu Aji Pambuko, SH |
4 |
Petugas Layanan Informasi |
Kamituwa |
Ika Wahyu Nurrini, SE |
5 |
Dokumentasi & Arsip |
Tata Laksana |
Agus Heri Kurniawan, ST |
6 |
Website Desa |
Pangripta |
Nike Tia Suswandani, S.Si |
7 |
Penyelesaian Sengketa & Aduan |
Jagabaya |
Gufron Ahmad Khoiruna, S.Hum |
- Tim Pertimbangan
Jumlah anggota Tim Pertimbangan PPID Kalurahan paling banyak 5 (lima) orang.
Tugas dan wewenang Tim Pertimbangan adalah:
- membahas usulan-usulan informasi yang dikecualikan;
- memberikan pertimbangan atas hal-hal yang belum diatur dalam Peraturan Bupati ini.
- Atasan PPID Kalurahan;
Atasan PPID Kalurahan adalah Lurah.
Tugas Atasan PPID Kalurahan adalah :
- menerima keberatan atas penolakan dari pemohon informasi publik;
- memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh pemohon informasi dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya laporan keberatan secara tertulis;
- sebagai perwakilan badan publik dalam sengketa informasi publik; dan
- memberikan persetujuan atau penolakan atas surat penetapan Daftar Informasi Publik dan surat penetapan klasifikasi informasi.
- Dalam menjalankan tugasnya, Atasan PPID Kalurahan dapat berkoordinasi dan meminta masukan dari Tim Pertimbangan PPID Kalurahan.
- PPID Kalurahan;
- Bidang Layanan Informasi;
Bidang Layanan Informasi bertugas :
- melakukan pelayanan informasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
- melakukan pelayanan informasi publik yang cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana;
- melakukan penyampaian informasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat; dan
- membuat rekap laporan permohonan informasi setiap akhir pekan agar dapat diketahui permohonan informasi diterima, diproses, ditindaklanjuti atau ditolak.
- Bidang Dokumentasi dan Arsip;
Bidang Dokumentasi dan Arsip bertugas :
- melakukan penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi;
- melakukan klasifikasi/pengelompokan Daftar Informasi Publik dan informasi pelayanan;
- membuat, mengumpulkan, memelihara dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan; dan
- melakukan pengumuman informasi publik melalui media secara efektif yang dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan.
- Bidang Website Kalurahan;
Bidang Website Kalurahan bertugas :
- menyiapkan pembuatan website Kalurahan sesuai dengan standar dalam Undang Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik agar memenuhi syarat sebagai penyampai informasi publik yang murah dan mudah dijangkau oleh masyarakat;
- menyusun rencana isi website;
- mengumpulkan foto, data dan artikel yang akan dimuat di website;
- menulis dan mengupload berita/artikel yang akan dimuat di website;
- melakukan maintenance/pemeliharaan website secara berkala; dan
- menangani pengaduan yang disampaikan publik melalui website/email dan mengoordinasikan penyelesaiannya.
- Bidang Penyelesaian Sengketa dan Aduan.
Bidang Penyelesaian Sengketa dan Aduan bertugas :
- melakukan monitoring terhadap rekap laporan permohonan informasi dari Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi setiap awal pekan, agar diketahui tanggapan permohonan informasi sudah sesuai tahapan dan prosedur;
- mendampingi Atasan PPID Kalurahan dalam proses Penyelesaian Sengketa Informasi dan Pengaduan Badan Publik; dan
- berkoordinasi dengan PPID Kabupaten dalam penyelesaian Bidang Sengketa Informasi.
Statistik Kunjungan
Hari ini | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Kemarin | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Jumlah Pengunjung | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License
