Pelatihan Pemanfaatan Kelapa Sebagai VCO

Aditya Pertama 26 November 2022 00:01:20 WIB

PoncoWarta - Dalam rangka memanfaatkan sumber daya alam di sekitar Dusun Jopaten, mahasiswa KKN STP AMPTA memberikan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) pada kelompok dasawisma.

Kelapa yang selama ini dimiliki warga hanya dijual atau ditunggu sampai jatuh dari pohon dengan sendirinya dan digunakan sebagai santan untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Dengan memanfaatkan Virgin Coconut Oil (VCO) ini, warga diharapkan untuk dapat lebih mengembangkan potensi yang ada dari kelapa diantaranya sebagai kecantikan hingga kesehatan.

Pada kesempatan ini, mahasiswa KKN STP AMPTA mengedukasi masyarakat untuk membuat VCO yang berkualitas dan higienis sehingga aman untuk diaplikasikan pada kulit (kecantikan) dan untuk dikonsumsi (kesehatan). Selain itu, untuk memberikan contoh pengemasan yang menarik dengan berbagai jenis botol kaca maupun plastik lengkap dengan label merek, khasiat dan komposisi, sehingga menambah nilai jual jika VCO ini akan dipasarkan secara offline ataupun online.

Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan masyarakat Jopaten dapat lebih memanfaatkan potensi-potensi dan sumberdaya yang ada disekitar sehingga lebih bermanfaat dan juga menambah sumber pendapatan masyarakat.

Komentar atas Pelatihan Pemanfaatan Kelapa Sebagai VCO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License