Pelatihan Membatik Dengan Bahan Alami

Aditya Pertama 05 Desember 2022 21:41:50 WIB

PoncoWarta - Bertempat di area lokasi desa wisata Babakan Poncosari Srandakan Bantul, dilaksanakan giat pelatihan membatik bagi siswa SD sekitar dusun babakan. Diikuti oleh 27 siswa SD, giat pelatihan membatik ini dilatih langsung oleh ibu Eyster Founder Puspita Batik yang juga merupakan salah satu potensi wisata di Desa Wisata babakan.

Dalam pelatihan ini, diperkenalkan cara membatik dengna teknik shibori, yaitu sebuah teknik pewarnaan kain yang memanfaatkan ikatan dan celupan untuk menentukan motif pada kain yang populer di Jepang dan telah digunakan sejak zaman kekaisaran Jepang beberapa ratus tahun yang lalu, motif yang dihasilkan dari teknik shibori seringkali disamakan dengan tie dye, namun satu hal yang menjadi persamaan antara keduanya adalah pada teknik pencelupan.

Dengan menggunakan pewarna alami daun indigo, pelatihan membatik ini juga mengajarkan bahwa memakai pewarna alam juga sangat bisa untuk dilakukan.

Komentar atas Pelatihan Membatik Dengan Bahan Alami

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License