Pertemuan Desa Siaga Sebagai Upaya Koordinasi Permasalahn Kesehatan

Aditya Pertama 06 Februari 2023 09:50:22 WIB

PoncoWarta - Pemerintah Kalurahan Poncosari melaksanakan pertemuan desa siaga yang melibatkan Kader dusun beserta pihak-pihak terkait dalam penangnanan masalah kesehatan di wilayah Kalurahan Poncosari. Hadir dalam giat pertemuan tersebut, Lurah Poncsoari beserta staf, Koordinator PLKB Kapanewon Srandkan, Bidan Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta kader dusun. Desa Siaga merupakan strategi baru pembangunan kesehatan sebagai respon pemerintah terhadap masalah kesehatan di Indonesia.

Dalam sambutannya, H Supriyanto selaku Lurah Poncosari mengucapkan rasa terimakasih atas kehadiran para tamu undangan dan mengharapkan dapat mengikuti kegiatan desa siaga sampai selesai. Dalam sambutannya, Lurah menyampaikan terkait dengan Bantul bersih sampah, dimana diharapkan adanya pembemtukan kelompok pilah sampah. Sesuai dengan surat edaran dari Bupati Bantul Nomor : 660/01921/DLH/2022 tentang Kewajiban Pengelolaan Sampah Secara mandiri Dalam Rangka Penanganan Kondisi Darurat Sampah. Hal ini dikarenakan penutupan TPAS Piyungan yang telah melebihi batas normal pembuangan sampah akhir, sehingga pimpinan wilayah (Panewu, Lurah, Dukuh) agar melakukan pemantauan dan pendampingan penggelolaan sampah yang dilakukan oleh pengelola sampah diwilayah masing-masing.

Selanjutnya Ibu Warismi selaku bidan Desa Menyampaikan data ibu hamil di wilayah Poncosari yang meliputi :

  1. Ibu hamil : 67
  2. Ibu Hamil Resiko : 32
  3. Ibu hamil Normal : 35

Koordinator PLKB bapak Narto memberikan arahan terhadap para kader mengenai UPPKA sebagai fokus pada pelestarian kesertaan KB untuk dapat memberikan laporan. Fasilitasi akseptor baru direncanakan di bulan februari dengan akseptor MOP dan MOW. Selanjutnya pada fokus stunting diharapkan untuk para kader dapat memberikan pendampingan dan pemantauan terhadap balita diwilayah masing-masing.

Komentar atas Pertemuan Desa Siaga Sebagai Upaya Koordinasi Permasalahn Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License