Pelatihan Inovasi UMKM Abon Ikan Lele

Aditya Pertama 20 Februari 2023 12:24:01 WIB

PoncoWarta - Warga masyarakat Dusun Polosiyo mengikuti giat pelatihan pembuatan abon dengan bahan dasar pembuatan dari ikan lele. Giat pelatihan ini diadakan oleh mahasiswa KKN UMY sebagai langkah awal pembentukan UMKM di wilayah dusun Polosiyo.

Dalam pelaksanaannya, proses pengolahan abon ikan dapat dilakukan hanya dengan teknologi yang sederhana, diolah dengan cara pengukusan dan penggorengan. Urutan proses pengolahan abon ikan antara lain sebagai berikut; setelah ikan segar dibersihkan dan disiangi, dipotong-potong dan dicuci bersih, kemudian dikukus (satu jam), lalu ditiriskan, tulang dan duri ikan dibuang, selanjutnya daging ikan ditumbuk pelan-pelan hingga berupa serat-serat halus (sayatan). Daging ikan yang berupa serat-serat halus tersebut dimasukkan sedikit-demi sedikit kedalam santan mendidih beserta bumbu-bumbu tersebut dan api dikecilkan untuk menjaga santan tetap dalam keadaan mendidih.Pemasakan ini disertai dengan pengadukan secara terus-menerus hingga abon menjadi kering dan berwarna coklat. Abon ikan yang baru dimasak tersebut kemudian ditiriskan dan dibungkus dalam kain blacu yang bersih selanjutnya diperas biasa atau dipres dengan alat pengepres untuk mengurangi kadar minyaknya, dan minyak yang keluar ditampung.

Menurut Nining Lestari selaku ketua PKK dusun Polosiyo menerangkan bahwasannya kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat dimana sebaga salah satu upaya pengembangan kegiatan kreatifitas UMKM.

Komentar atas Pelatihan Inovasi UMKM Abon Ikan Lele

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License