Sosialisasi Pendampingan Tsunami Ready Community

Aditya Pertama 10 Maret 2023 10:11:17 WIB

PoncoWarta - Anggota FPRB Bimosuci kalurahan Poncosari menghadiri undangan giat sosialisasi Pendampingan Tsunami Ready Community yang bertempat di gedung serba guna Laguna Depok. Dilaksanakan pada hari rabu (08/03/2023) giat sosialisasi ini diadakan oleh Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten bantul.

Adanya sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang dicanangkan dan digencarkan oleh UNESCO untuk mendukung UN Decade 2021-2030 dan sebagai langkah awal mendapatkan pengakuan Tsunami Ready dari UNESCO. Hal ini juga dilaksanakan sebagai pendampingan untuk membangun kemandirian menyiapkan Mitigasi Gempabumi dan tsunami di wilayah pantai selatan kabupaten bantul.

Untuk mendapatkan pengakuan Tsunami Ready dari UNESCO maka komunitas/masyarakat/desa harus memenuhi 12 indikator, yaitu :

I. PENILAIAN/IDENTIFIKASI
1. Memiliki peta bahaya tsunami.
2. Memiliki informasi perkiraan jumlah orang yang berada di wilayah bahaya tsunami.
3. Memiliki inventaris dari sumberdaya ekonomi, infrastruktur, politik dan sosial untuk pengurangan risiko bahaya tsunami.
II. KESIAPSIAGAAN
4. Memiliki peta evakuasi tsunami yang mudah dimengerti, yang disusun bersama dengan pihak berwenang berkolaborasi dengan masyarakat.
5. Menempatkan papan informasi publik tentang gempa dan tsunami di wilayahnya.
6. Memiliki materi pendidikan dan kesiapsiagaan yang didistribusikan
7. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Kesiapsiagaan secara rutin
8. Melaksanakan pelatihan tsunami paling tidak dua tahun sekali.
III. RESPON
9. Memiliki rencana operasi darurat tsunami.
10. Memiliki kapasitas untuk mendukung pelaksanaan tanggap darurat tsunami.
11. Memiliki kemampuan menerima info gempa dan peringatan dini tsunami 24/7.
12. Memiliki kemampuan menyebarluaskan info gempa dan peringatan dini tsunami 24/7.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pendampingan ini dapat memberikan pengetahuan bagi para anggota FPRB dan selanjutnya dapat disebarkan kepada warga masyarakat.

Komentar atas Sosialisasi Pendampingan Tsunami Ready Community

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License