Program Kerja KKN-PPM UGM di Posyandu Polosiyo

Suprish Wantara 26 Juli 2023 08:31:33 WIB

Sesuai dengan tema KKN-PPM UGM Unit Kapanewon Srandakan yaitu “Pencegahan dan penanggulangan stunting dan Pemberdayaan Masyarakat Siaga Sadar Stunting’’, POSYANDU menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa KKN-PPM UGM untuk menjalan program kerjanya. Sub-unit Pedukuhan Polosiyo kali ini melakukan beberapa program kerja yaitu pembuatan nomor antrian, kalibrasi timbangan, sosialisasi 1000 hari pertama & pola hidup sehat, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT).
Kegiatan POSYANDU di Pedukuhan Polosiyo diadakan setiap tanggal 11 pada pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. POSYANDU di Polosiyo ditujukan untuk bayi, balita, ibu hamil dan lansia. Bayi dan balita mendapatkan pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Sedangkan untuk lansia, berat badan, tekanan darah, dan cek darah yang meliputi asam urat, kolestrol, dan gula. Pembuatan antrian yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Industri, Sindi Apriliana bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait stunting, salah satunya perhitungan yang akurat. Antrian yang tidak rapi berdampak ke kesalahan pengecekan yang kemudian juga rawan adanya kesalahan pendataan anak.  Sedangkan, Nurchalis, mahasiswa Teknik Fisika, melakukan kalibrasi alat ukur sebagai pemecahan masalah dari kurangnya akurasi timbangan yang dikeluhkan oleh kader POSYANDU. 
Sedangkan dari klaster Soshum, Zahra Maulida Affif, mahasiswa Psikologi melakukan sosialisasi pentingnya 1000 hari anak dari masa kandungan dan dampaknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Lalu, ada Liem, Priscilla Melanie Halim membuat poster pola hidup sehat yang sesuai baik bagi anak-anak ataupun lansia. Tim KKN-PPM UGM juga ikut melakukan PMT kepada peserta POSYANDU. 
 
Nisrina Nabila
Tim KKN-PPM UGM

Komentar atas Program Kerja KKN-PPM UGM di Posyandu Polosiyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License