Pemberdayaan Perempuan di Pedukuhan Polosiyo: Sosialisasi Batik Jumputan kepada Ibu-Ibu PKK

Suprish Wantara 26 Juli 2023 08:32:21 WIB

Setiap tanggal 10, organisasi Pedukuhan Polosiyo, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melakukan pertemuan rutin. Pada kesempatan kali ini, tepatnya 10 Juli 2023, tim KKN-PPM UGM ikut serta dalam meramaikan pertemuan rutin PKK Pedukuhan Polosiyo. Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang. Dengan tema pemberdayaan perempuan,  tim KKN-PPM UGM membuat lokakarya dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Dukuh Polosiyo: Pembuatan dan Sosialisasi Produk Batik Jumputan”. Dalam acara tersebut, tim KKN-PPM UGM memberikan informasi mengenai pembuatan batik jumputan hingga bagaimana mengelolanya menjadi kerajinan yang dapat dijual-belikan. 
Kegiatan PKK di Pedukuhan Polosiyo dimulai pada pukul 16.00 WIB. Tim KKN-PPM UGM mengundang narasumber yaitu seorang pengusaha bernama Dwi Isti Winarni yang sudah 15 tahun terakhir menggeluti kerajinan mulai dari baju adat, batik, dan tentu saja batik jumputan. Dalam acara tersebut, Bu Isti membagikan ilmunya menjual batik jumputan dan menjelaskan bahwa permintaan akan kain tersebut tinggi, tetapi tidak seimbang dengan jumlah barang yang ada di pasaran. Selain itu, juga diadakan praktik pembuatan batik jumputan. Tim KKN-PPM UGM juga ikut membagikan ilmu mengenai perhitungan laba hingga cara pemasaran kerajinan batik ini. 
 
Penulis
Nisrina Nabila
Tim KKN-PPM UGM

Komentar atas Pemberdayaan Perempuan di Pedukuhan Polosiyo: Sosialisasi Batik Jumputan kepada Ibu-Ibu PKK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License