Pengenalan Enam Emosi Dasar di SD Muhammadiyah Gunturgeni

Suprish Wantara 26 Juli 2023 08:33:13 WIB

Pada Selasa, 18 Juli 2023 lalu mahasiswa KKN-PPM UGM melakukan kunjungan ke SD  Muhammadiyah Gunturgeni. Pada kesempatan kali ini, Zahra Maulida Afiff, mahasiswa Psikologi, melakukan sosialisasi enam emosi dasar. Rencananya pertemuan ini akan dilakukan 2-3 kali dalam beberapa minggu ke depan. Pada pertemuan pertama kali ini, mereka baru diperkenalkan ke 6 emosi dasar. Zahra mengungkapkan tujuan dari pengenalan emosi ini supaya anak-anak dapat melakukan regulasi emosi mereka.
Bersama 5 mahasiswa KKN-PPM UGM, kegiatan dimulai dari pukul 9.30 dan diawali dengan memperkenalkan diri. Kemudian, Zahra mulai memperkenalkan enam emosi dasar yang meliputi marah, senang, sedih, jijik, kaget, dan takut. Dari kegiatan ini, anak-anak dapat belajar mengenai macam-macam emosi, dari yang awalnya mereka hanya paham bahwa emosi hanyalah marah. Selama kegiatan ini dijalankan, anak-anak ikut antusias dalam berpartisipasi menjawab pertanyaan dari Zahra. Zahra menggunakan berbagai media dalam melakukan sosialisasi seperti permainan interaktif dan juga lagu 6 emosi dasar. 
 
Penulis 
Nisrina Nabila
Tim KKN-PPM UGM

Komentar atas Pengenalan Enam Emosi Dasar di SD Muhammadiyah Gunturgeni

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License