Desa Siaga, Upaya Penyampaian Materi Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat

Aditya Pertama 29 Agustus 2023 09:39:09 WIB

PoncoWarta - Bertempat di pendopo Kalurahan Poncosari dilaksanakan giat Desa Siaga pada hari jumat (18/08/2023) pukul 09.00 WIB. Hadir dalam giat tersebut Panewu Anom kapanewon Srandakan, Koordinator PLKB, Bidan Desa, Petugas Gizi, Lurah Poncosari beserta tamu undangan yang dalam hal ini seluruh kader di kalurahan Poncosari.

Dalam sambutannya H Supriyanto selaku Lurah Poncsoari menyampaikan mengenai kesiapsiagaan yang harus selalu dijaga oleh para kader maupun pejabat terkait dalam satuan Desa Siaga meski di bulan Agustus yang penuh dengan kegiatan. Diharapkan para kader dapat ikut serta dalam pemilihan Bamuskal mendatang, khususnya pada keterwakilan perempuan.

SelanjutnyaKarjiyem, S.Si.T, S.Pd., M.Kes selaku Panewu Anom Kapanewon Srandakan menyampaikan terkait dengan peranan para kader yang menjadi garda pertama penanganan Kesehatan pada warga masyarakat di wilayah masing-masing padukuhan. Giat pada Gerakan Masyarakat, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Posyandu perlu dilaksanakan secara maksimal untuk dapat menekan adanya stunting yang belakangan ini marak terjadi di wilayah Kabupaten Bantul. Diharapkan Kader dapat memberikan edukasi dasar kepada warga masyarakat untuk dapat menerapkan perilaku hidup sehat agar terhindar dari stunting.

Pada inti pertemuan Desa Siaga diisi oleh Bidan Desa yang menyampaikan mengenai ibu hamil di wilayah Poncosari yang pada bulan agustus ada sebanyak 46 orang. Diharapakan uuntuk para kader dapat ikut memantau adanya ibu hamil yang beresiko agar kedepannya dapat sehat. Petugas Gizi menyampaikan terkait dengan Perjalanan Data Stunting yang datanya diperoleh dari setiap penimbangan di masing-masing posyandu dusun. Selain data berat badan, untuk kali ini dan selanjutnya data tinggi badan juga dilakukan pelaporan setiap bulannya.

Pada kesempatan selanjutnya disampaikan oleh Koordinator PLKB menekankan untuk penanganan balita stunting perlu untuk diprioritaskan dan untuk dapat ditangani secara maksimal.

Komentar atas Desa Siaga, Upaya Penyampaian Materi Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License