Pelatihan Membatik Dengan Teknik Shibori dan Ecoprint

Aditya Pertama 30 Januari 2024 22:30:34 WIB

PoncoWarta - Mahasiswa UMY yang sedang melaksanakan pengabdian masyarakat berupa KKN di dusun Sambeng 2 Poncosari Srandakan Bantul, mengadakan giat pelatihan membatik. Dilaksanakan di rumah bapak Parlan sekaligus posko KKN UMY, giat pelatihan membatik diikuti oleh ibu-bu PKK dan pemuda dusun Sambeng 2. Pada pelatihan emmbatik ini sebagai narasumber oleh ibu Siti Rohana.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan membatik ini menggunakan teknik batik shibori dan batik ecoprint. Batik shibori merupakan teknik pewarnaan kain yang melibatkan penggabungan dan pewarnaan. Seperti halnya batik di Indonesia, batik Shibori merupakan teknik pakaian tradisional yang kaya akan nilai budaya. Ada beberapa tema batik Shibori yang terkenal dan banyak digunakan. Ini termasuk teknik Kanoko, yaitu pola melingkar, Itajime, yaitu pola seperti papan catur, dan Kumo, yaitu pola seperti jaring laba-laba.

Seadangkan batik dengan teknik ecoprint merupakan metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain, kemudian kain tersebut direbus. Untuk pemilihan kainnya sendiri harus yang berasal dari serat alami agar warna yang dihasilkan dari tanin daun mampu meresap sempurna dan tahan lama, dengan kain dan bahan warna alami akan mengurangi resiko kesehatan seperti alergi, bahkan pencemaran lingkungan dari proses pembuatan.

Komentar atas Pelatihan Membatik Dengan Teknik Shibori dan Ecoprint

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License