Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Berbahas Kotoran Sapi

Aditya Pertama 31 Januari 2024 21:21:10 WIB

PoncoWarta - Mahasiswa UMY yang sedang melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui KKN, melaksanakan giat pelatihan pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi. Dalam pelaksanaannya, giat pelatihan pembuatan pupuk kompos dilaksanakan di rumah salah satu warga Bodowaluh dan dihadiri oleh BPP Srandakan, Dukuh Bodowaluh beserta para peternak maupun petani di dusun Bodowaluh dan para anggota KKN dari UMY.

Berbahan baku dari kotoran sapi dimana kotoran sapi menjadi masalah buat para peternak peternak di beberapa daerah salah satunya diatasi dengan pembuatan kompos atau pupuk kompos organik. Hal ini dilakukan untuk menaikkan nilai dari kotoran sapi tersebut. Hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan pupuk kompos yang pertama adalah bahan bakunya yaitu kotoran sapi. Kotoran sapi ini bisa yang sudah lama atau juga yang baru. Kotoran sapi ini dkumpulkan dan disusun dalam satu lokasi. Kemudian bahan yang kedua adalah probiotik, probiotik ini di pasaran banyak macamnya ada yang merek EM4, ada merek NASA dan merk-merk yang lain. Selain itu juga bisa ditambahkan bahan yang lain yaitu serbuk gergaji sebagai bahan campuran untuk pembuatan pupuk organik kompos . Selain itu juga ada molases yang ada didalam drum ini berisi air air ini perbandingan dengan molases bisa satu banding satu dicampurkan.

Tahap pertama setelah kotoran sapi dihamparkan ini kira-kira tingginya satu setengah jengkal, kemudian tuangkan probiotik yang sudah tercampur dengan molases di atas kotoran sapi hingga merata. Selanjutnya bahan serbuk gergaji bisa langsung ditaburkan diatasnya dan diratakan lalu tumpuk lagi kotoran sapi hingga menutupi seluruh permukaan. Lakukan berulang kali hingga ketebalannya sekitar 25 cm. Selanjutnya campuran tersebut ditutupi dengan Tutup terpal plastik, hal ini dimaksudkan bahwa terpal plastik memiliki fungsi untuk menutup kotoran sapi yang sedang diproses kompos supaya tidak terkena air dan juga mengurangi proses penguapan sehingga diharapkan proses dekomposisi bisa berjalan dengan baik.

Setelah proses dekomposisi Pupuk Kompos Kotoran Sapi berjalan kira-kira 5 hari sampai satu minggu tutup terpal ini akan dibuka kemudian kotoran ternak ini bisa diaduk supaya dari bawah menjadi ke bagian atas dan sebaiknya bagian atas ke bawah jadi nanti semuanya terproses dengan sempurna.

Komentar atas Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Berbahas Kotoran Sapi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License