Pertemuan KWT Multisari, Membuat Onde-Onde Ubi

Aditya Pertama 03 Februari 2024 14:50:47 WIB

PoncoWarta - Bertempat di rumah Ibu Hastuti dusun Sambeng 1 Poncosari Srandakan Bantul, dilaksanakan pertemuan KWT Multisari Kalurahan Poncosari. Giat pertemuan dilaksanakan pada hari kamis (01/02/2024) dan dihadiri oleh anggota KWT Multisari Poncosari.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan pelatihan bersama tentang pebuatan onde-onde isi coklat yang berbahan dasar menggunakan ubi. Onde-onde ubi dibuat dengan bahan tepung ketan putih, gula, air hangat, wijen, dan garam. Sementara bahan isi onde-onde ubi terdiri dari kelapa parut kasar, gula merah, daun pandan, garam, dan air.

  1. Tahap pembuatannya adalah :
    Kulit: campur bersama, ubi kukus, tepung ketan, gula pasir halus dan garam, aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tidak melekat atau kalis. Bagi adonan masing-masing 15 gram.
  2. Isi: campur bersama, kelapa parut, gula merah, dan air, bubuhi garam, aduk rata. Masak dengan api sedang, masukkan daun pandan, aduk-aduk, masak hingga benar-benar matang.
  3. Penyelesaian: ambi satu bagian adonan kulit, pipihkan, beri adonan isi bagian tengahnya, tutup kembali bentuk membulat. Lumuri seleruh permukaannya dengan wijen.
  4. Goreng onde-onde dengan minyak yang tidak terlalu panas (api kecil) sambil diaduk-aduk berputar hingga onde-onde mengembang dan matang.

Komentar atas Pertemuan KWT Multisari, Membuat Onde-Onde Ubi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License