Deteksi Dini PTM Dan Posyandu Dusun Sambeng 2

Aditya Pertama 03 Februari 2024 23:13:17 WIB

PoncoWarta - Warga masyarakat dusun Sambeng 2 Poncosari Srandakan Bantul yang memiliki balita dan lansia mengikuti giat posyadu yang dilaksanakan pada hari sabtu (03/02/2024). Bertempat di rumah Agus Sujaka selaku kepala dusun Sambeng 2, giat posyandu dihadiri oleh Petugas dari Puskesmas Kapanewon Srandakan, Kader kesehatan dusun sambeng 2 serta para balita dan lansia dusun Sambeng 2.

Selain melaksanakan posyandu, giat pada hari ini juga menyertakan deteksi dini pada Penyakit Tidak Menular (PTM). Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak memberikan gejala bagi penderitanya. PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan/ screening/ deteksi dini.

Pada kegiatan deteksi dini PTM ini meliputi cek kesehatan gratis meliputi cek tekanan darah/tensi,cek berat badan,cek lingkar perut, cek gula darah. Selain itu kegiatan ini juga menyediakan konsultasi oleh dokter untuk mentukkan tindakan pencegahan mengatasi faktor risiko PTM yang ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan, terutama konsultasi gizi dan gaya hidup.

Hasil deteksi dini ini dapat dijadikan sebagai peringatan bagi para masyarakat agar lebih menjaga gaya hidupnya, terutama pola makan dan kebiasaan berolahraga.

Komentar atas Deteksi Dini PTM Dan Posyandu Dusun Sambeng 2

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License