Produksi Abon Lele Minarasa Dusun Wonotingal

Aditya Pertama 09 Februari 2024 22:48:58 WIB

PoncoWarta - Warga masyarakat dusun Wonotingal Poncosari Srandakan Bantul yang tergabung dalam kelompok UMKM Abon Lele Minarasa Wonotingal melaksanakan giat produksi / pembuatan abon lele pada hari mingu (04/02/2024). Giat produksi abon lele minarasa bertempat di rumah ibu Siti Endarwati selaku ketua kelompok abon lele. Dalam giat produksi tersebut, kelompok mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tuur memebantu dalam pengolahan hingga mengemas produksi abon ikan lele.

Pada umumnya abon dibuat dari daging sapi dan daging hewan yang lain, namun pada keompok UMKM Minarasa Wonotingal ini menggunakan bahan dari ikan lele. Produk olahan abon ikan merupakan salah satu alternatif pengembangan dan diversifikasi olahan hasil perikanan yang cukup potensial untuk dikembangkan terutama di daerah. Prospek yang cukup bagus pada olahan abon ini disamping karena teknologinya sederhana juga memiliki pangsa pasar yang cukup luas.

Abon ikan mengandung protein cukup tinggi dan berkualitas. Kandungan protein tersebut tersusun dari asam-asam amino esensial yang cukup lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebagai zat pembangun,bersama glukosa dan komponen lain mampu meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Disamping itu produk olahan abon ikan ini mengandung beberapa vitamin yang juga dibutuhkan oleh tubuh,seperti vitamin A dan D, serta kaya akan mineral seperti fosfor (P) sebagai unsur penting bagi sel dan metabolisme tubuh, zat besi (Fe) diperlukan oleh hemoglobin dalam darah, kalsium (Ca) yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ikan laut pada umumnya kaya Iodium (I) yang kadarnya lebih tinggi dibanding dengan hewan darat (ternak). Disamping itu juga mengandung Selenium (Sn), menurut para ahli, dalam tubuh kita unsur ini (Sn) bersama vitamin E berfungsi pula sebagai antioksidan dan memperlancar proses metabolisme tubuh serta memperlancar proses regenerasi sel-sel kulit, sehingga kulit kita menjadi lebih halus dan kencang.

Komentar atas Produksi Abon Lele Minarasa Dusun Wonotingal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License