Optimalkan Sampah, Mahasiswa UAD Laksanakan Sosialisasi Pengolahan Sampah

Aditya Pertama 22 Februari 2024 21:52:35 WIB

PoncoWarta - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang sedang melaksanakan giat pengabdian masyarakat melalui KKN di dusun Talkondo Poncosari Srandakan, melaksanakan giat sosialisasi mengenai pemanfaatan sampah rumah tangga untuk dijadikan pupuk organik. Dilaksanakan di posko kelompok Tani Bismo Dusun Talkondo, giat sosialisasi diikuti oleh peserta kelompok tani dusun Talkondo pada hari rabu (21/02/2024).

Sampah rumah tangga merupakan sampah sehari-hari yang dihasilkan oleh setiap rumah tangga pada waktu ini. Pada sebagian warga masyarakat belum memanfaatkan limbah rumah tangga dengan bijak hal ini dikarenakan kurangnya ilmu pengetahuan tentang pengelolaan sampah rumah tangga.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah, dimulai dari sumbernya dengan melakukan pemisahan sampah organik di rumah tangga. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, diadakan pendemonstrasian tentang pengolahan sampah organik menjadi produk pupuk kompos. Selain itu, pengelolaan sampah yang baik dapat mencegah pencemaran air dan tanah, menjaga kualitas air bersih, dan mengurangi risiko penyakit terkait sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Komentar atas Optimalkan Sampah, Mahasiswa UAD Laksanakan Sosialisasi Pengolahan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License