Sampaikan Bahasan Kesehatan, PKK Dusun Talkondo Laksanakan Pertemuan

Aditya Pertama 18 Maret 2024 00:10:57 WIB

PoncoWarta - Warga masyarakat dusun Talkondo Poncosari Srandakan Bantul yang tergabung dalam lembaga PKK dusun Talkondo melaksanakan pertemuan rutin pada hari senin (11/03/2024) pad apukul 13.00 WIB. Hadir dalam pertemuan tersebut Vivin Indarwati selaku kepala dusun Talkondo pengurus PKK dan para anggota PKK dusun talkondo.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahasan mengenai kesehatan khususnya mengenai penyakit Tuberkulosis atau TB. Hal ini disampaikan oleh Pokja 4 kader kesehatan Talkondo yang sebelumnya mengikuti sosialisasi dan penyuluhan mengenai TBC. Dalam paparannya, Tuberkulosis atau TB merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru melalui percikan ludah (droplet) saat penderita TBC batuk, berbicara, bersin, tertawa, atau bernyanyi yang mengakibatkan pengidapnya mengalami sesak napas disertai batuk kronis.

Meski TBC dikategorikan sebagai penyakit menular, penularan penyakit ini tidak secepat pilek dan flu. Namun, ada beberapa kelompok yang berisiko tinggi tertular TBC, yaitu :

  1. Orang yang tinggal di pemukiman padat dan kumuh.
  2. Petugas medis yang sering merawat penderita TBC.
  3. Orang lanjut usia (lansia) dan anak-anak.
  4. Pengguna NAPZA
  5. Penderita penyakit ginjal stadium lanjut.
  6. Orang yang mengalami kekurangan gizi.
  7. Penderita kecanduan alcohol.
  8. Perokok
  9. Orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, misalnya penderita HIV/AIDS, kanker, diabetes, orang yang menjalani transplantasi organ, dan lain sebagainya.
  10. Orang yang sedang dalam terapi obat imunosupresif, misalnya penderita lupus, psoriasis, rheumatoid arthritis, atau penyakit Crohn.

Diharapkan dengan adanya penyampaian mengenai sosialisasi dan penyuluhan mengenai TBC ini dapat memeberikan pengetahuan dasar dan dapat menerapkan perilkau hidup sehat.

Komentar atas Sampaikan Bahasan Kesehatan, PKK Dusun Talkondo Laksanakan Pertemuan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License