Pengajian Peringatan Nuzulul Quran Dusun Bodowaluh Karang

Aditya Pertama 26 Maret 2024 22:34:53 WIB

PoncoWarta - Bertempat di halaman masjid Al Azhar dusun Karang Poncosari Srandakan, dilaksanakan giat pengajian memperingati Nuzulul Quran oleh. Dilaksanakan pada hari sabtu (23/03/2024) giat peringatan Nuzulul Quran dihadiri oleh penceramah Ki Miko Cakcoy Pathoknegoro, Panewu Kapanewon Srandakan, Pamong Kalurahan Poncosari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Poncosari serta warga masyarakat jamaah pengajian peringatan Nuzulul Quran.

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa dimana kitab suci Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wahyu pertama dan tanda dimulainya kenabian Rasulullah SAW. Menurut bahasa, Nuzulul Quran terdiri atas dua kata, yaitu 'Nuzulul' dan 'Quran'. Nuzulul berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah dan Quran berasal dari kata Al-Quran, yaitu kitab suci umat Muslim. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al-Quran dari tempat yang tinggi (Lauful Mahfuz) ke bumi. Turunnya Al-Quran ini diperantarai oleh Malaikat Jibril. Malam Nuzulul Quran yang diperingati setiap 17 Ramadhan memiliki lima keistimewaan. Hal ini yang membuat Nuzulul Quran lebih istimewa dibandingkan malam-malam lainnya, yaitu :

  1. Lebih Baik dari Malam 1000 Bulan
  2. Malam Penuh Keberkahan
  3. Malaikat Turun ke Bumi
  4. Diampuni Dosa-dosa
  5. Takdir Tahunan Dicatat

Selain inti pengajian, peringatan nuzulul quran juga dimeriahkan dengan penampilan dari grup musik religi Ki Ajar Sae bersama dengan Danti DKCK sebagai selingan hiburan para jamaah pengajian.

Komentar atas Pengajian Peringatan Nuzulul Quran Dusun Bodowaluh Karang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License