Warga Gunturgeni Ikuti Sosialisasi Dalam Upaya Penanggulangan Stunting

Aditya Pertama 28 April 2024 20:41:02 WIB

PoncoWarta - Warga masyarakat dusun Gunturgeni Poncosari Srandakan bantul khusunya ibu-ibu rumah tangga mengikuti giat sosialisasi penanggulangan stunting bagi para balita dan anak-anak. Giat sosialisasi dilaksanakan pada hari kamis (25/04/2024) dan bertempat di rumah Subrahmono selaku kepala dusun Gunturgeni. Hadir dalam giat sosialisasi narasumber perwakilan dari puskesmas Kapanewon Srandakan, kepala dusun Gunturgeni, kader kesehatan dusun dan para ibu-ibu dusun Guntergeni.

Dalam giat sosialisasi tersebut, Subrahmono selaku kepala dusun Gunturgeni menyampaikan rasa terimakasih kepada narasumber yang akan memberikan pengetahuan mengenai penanganan stunting bagi warga masyarakat Gunturgeni agar untuk kedepannya kasus indikasi stunting di wilayah Gunturgeni dapat diatasi dengan sebaik mungkin.

Narasumber pada penyampaian sosialisasi menyampaikan mengenai fenomena Stunting yang dapat diintervensi dengan gizi spesifik dan gizi negatif. Intervensi gizi spesifik merupakan intervensi yang ditujukan kepada anak dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan berkontribusi pada 30% penurunan stunting. Kerangka kegiatan intervensi gizi spesifik umumnya dilakukan pada sektor kesehatan dimulai dari masa kehamilan ibu hingga melahirkan balita. Intervensi gizi spesifik, yaitu pemberian makanan pada ibu hamil, ibu hamil mengonsumsi tablet tambah darah, Inisiasi Menyusui Dini (IMD), pemberian ASI eksklusif, pemberian ASI didampingi oleh pemberian MPASI pada usia 6-24 bulan, dan berikan imunisasi lengkap pada anak. Intervensi gizi sensitif dilakukan melalui berbagai kegiatan pembangunan di luar sektor kesehatan dan berkontribusi pada 70% intervensi stunting. Kegiatan terkait intervensi gizi sensitif dapat dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang umumnya makro dan dilakukan secara lintas Kementerian dan Lembaga.

Komentar atas Warga Gunturgeni Ikuti Sosialisasi Dalam Upaya Penanggulangan Stunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License