Pertemuan Desa Siaga Poncosari

Aditya Pertama 30 April 2024 20:56:05 WIB

PoncoWarta - Bertempat di pendopo kalurahan Poncosari, pada hari sabtu (27/04/2024) dilaksanakan giat pertemuan desa siaga. Giat pertemuan desa siaga dihadiri oleh Lurah Poncosari, Bidan Penanggungjawab Kalurahan, Babinsa Poncosari, Kamituwa Poncosari serta seluruh kader desa siaga kalurahan Poncosari.

Desa Siaga sebagai bentuk kegiatan di kalurahan dengan penduduk punya kesadaran dan siap secara sumber daya maupun kemampuan untuk mencegah sekaligus menangani masalah-masalah kesehatan, bencana, hingga situasi kedaruratan secara mandiri. Desa Siaga menjadi konsep yang diterapkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI untuk memberdayakan masyarakat desa agar sadar serta mampu mencegah hingga mengatasi berbagai masalah kesehatan dan lingkungan. Masalah itu bisa berupa penyakit menular, gizi buruk, dampak bencana, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Dengan dilaksanakannya pertemuan dari desa siaga ini, diharapkan para kader desa siaga dapat lebih meningkatkan dan mengetahui kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan (bencana, wabah, kegawadaruratan, dan sejenisnya) serta meningkatkan kesehatan lingkungan di desa yang ditandai dengan membaiknya kemampuan dan kemauan masyarakat desa untuk mandiri di bidang kesehatan.

Komentar atas Pertemuan Desa Siaga Poncosari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License