Sosialisasi BPOM Pada Ibu Hamil Dan Remaja

Aditya Pertama 13 Juni 2024 08:46:41 WIB

PoncoWarta - Hari ke 2 dalam giat Bimbingan Teknis Dalam Rangka Program Desa Pangan Aman oleh Balai besar pengawas obat dan makanan (BPOM) DIY, menyasar kepada masyarakat perwakilan dari ibu hamil dan remaja. Dilaksanakan pada hari rabu (12/06/2024) giat bimtek kali ini dilakukan oleh tim kader keamanan pangan desa.

Tim Keamanan Pangan Desa (Tim KPD) terdiri atas :

  1. Ketua (Kepala Desa/Lurah) dan 2-3 orang anggota yang terdiri dari perangkat desa/Pendamping Lokal Desa yang bertugas untuk Mempersiapkan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan program keamanan pangan di desa, serta Berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk merencanakan program keamanan pangan desa secara swadaya dan berkelanjutan dengan mengintegrasikan program keamanan pangan desa ke dalam kegiatan rutin di desa.
  2. Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD), adalah anggota komunitas desa/kelurahan yang terlatih dan bersertifikat di bidang keamanan pangan serta ditugaskan oleh Kepala Desa/Lurah sebagai Kader Keamanan Pangan Desa.

Dalam bimtek kali ini dilaksankaan pengujian terhadap beberapa sampel makanan yang biasa dijajakan di masyarakat untuk dapat diamati apakah pada bahan makanan tersebut terdapat zat kimi berbahaya atau tidak. Disampaikan pula oleh para kader keamanan pangan desa bahwa terdapat 5 Kunci Keamanan Pangan sebagai prinsip dasar untuk penerapan keamanan pangan yang dapat digunakan untuk tindakan pencegahan keracunan pangan, yaitu :

  1. Beli pangan yang aman
  2. Simpan pangan secara aman
  3. Siapkan pangan secara seksama
  4. Sajikan angan secara aman
  5. Bersih selalu

Komentar atas Sosialisasi BPOM Pada Ibu Hamil Dan Remaja

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License