Giat Pilah Sampah, Upaya Edukasi Pengelompokan Sampah Berdasarkan Jenisnya

Aditya Pertama 23 Juli 2024 15:07:49 WIB

PoncoWarta - Kelompok KKNM 17130 UNY melaksanakan giat pendampingan pilah sampah yang diikuti oleh ibu-ibu warga masyarakat dusun Kukap. Giat pilah sampah dilaksanakan pada hari senin (22/07/2024). Sampah yang dipilah merupakan sampah rumah tangga dari masing-masing RT dusun Kukap dan selanjutnya sampah dipilah sesuai dengan kriteria.

Giat pemilahan sampah ini diharapkan agar sampah kering dan sampah basah tidak tercampur karena jika keduanya tercampur bisa menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau tak sedap yang membuat lingkungan menjadi kurang nyaman. Pada prakteknya, sampah rumah tangga dapat dibedakan menjadi 3 yaitu;

  1. Sampah Organik. Adalah sampah yang bisa diuraikan secara alami oleh lingkungan. Contohnya seperti sisa makanan, kulit buah-buahan, cangkang telur, dedaunan, potongan rumput dan lain sebagainya.
  2. Sampah Anorganik. Adalah sampah yang sulit diuraikan secara alami. Contohnya: plastik, kaca, besi, karet, sterofoam dan lain-lain.
  3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Merupakan sampah-sampah dari bahan kimia berbahaya dan beracun. Contohnya yaitu barang elektronik, baterai, obat-obatan, kaleng bekas cat dan lain sebagainya.

Dengan memilah sampah berdasarkan karakteristik, maka pengolahan sampah dapat berjalan dengan efektif dan efisien, bisa membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah serta membantu kelestarian lingkungan.

Komentar atas Giat Pilah Sampah, Upaya Edukasi Pengelompokan Sampah Berdasarkan Jenisnya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License