Peningkatan Kapasitas Pengelola Bank Sampah Dusun Besole

Aditya Pertama 24 Agustus 2024 10:52:16 WIB

PoncoWarta - Masalah sampah timbul dengan adanya suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Persoalan sampah selalu menjadi topik yang tidak pernah habis dibahas dan semua negara menghadapinya, terutama di Indonesia. Di Indonesia persoalan sampah yang ada saat ini tidak hanya menimbulkan pencemaran lingkungan dan berdampak pada kesehatan, tapi menjadi persoalan serius yang berdampak pada perekonomian daerah.

Pengelolaan Sampah lebih rinci menjelaskan tentang prinsip baru dalam mengelola sampah adalah reduce, reuse dan recycle (3R) yang artinya adalah mengurangi, menggunakan kembali, dan mengolah. Dalam pengelolaannya, terdapat sebuah cara yang dapat dilakukan oleh semua warga masyarakat. Salah satunya adalah melalui Bank Sampah. Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

Dusun Besole sebagai salah satu dusun yang memilikisistem bank sampah dalam pengelolaan sampah pada hari jumat (23/08/2024) menyelenggarakan giat peningkatan kapasitas pengelola bank sampah. Dalam kegiatan tersebut dilakukan praktek pengolahan sampah dan botol bekas untuk dijadikan suatu kerajinan.

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Pengelola Bank Sampah Dusun Besole

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License