Kelompok Seni Karawitan Kusuma Budaya Polosiyo

Aditya Pertama 04 Oktober 2024 08:45:57 WIB

PoncoWarta - Kelompok kesenian Kusuma Budaya dusun Polosiyo melaksanakan giat latihan perdana dalam kesenian karawitan sebagai salah satu upaya menjaga budaya seni alat musik jawa. Dilaksanakan pada hari rabu (02/10/2024) giat latihan karawitan ini diikuti oleh muda mudi dusun Polosiyo.

Seni Karawitan merupakan salah satu jenis musik tradisional yang berasal dari Jawa. Seni karawitan tumbuh dan berkembang di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur. Biasanya, karawitan ini sering disebut dengan musik gamelan. Pembawaannya juga cenderung lembut dan halus. Seni karawitan dikemas dengan alunan instrumen dan vokal yang sangat indah sehingga mudah dinikmati oleh semua kalangan. Selain disebut sebagai kesenian klasik, seni karawitan sering disebut sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis. Pada seni karawitan, penggunaan alat musik Gamelan merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan. Seperti yang kita tahu, gamelan sangat lekat dengan budaya Jawa dari dulu hingga sekarang.

Komentar atas Kelompok Seni Karawitan Kusuma Budaya Polosiyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License