Pelaksanaan ILP Posyandu Balita Dan Lansia Serta Screening PTM Dusun Polosiyo

Aditya Pertama 14 Oktober 2024 08:43:26 WIB

PoncoWarta - Bertempat di pendopo dusun Polosiyo, pada hari jumat (11/10/2024) dilaksanakan giat posyandu rutin. Dalam kegiatan posyandu ini dilaksanakan giat pemantauan tumbuh kembang balita/anak dimana tumbuh kembang anak antara berat badan dan tinggi badan akan dikuru dan dicatat sebagai data sebagai tujuan untuk kemudahan pemantauan tumbuh kembang maupun kesehatan anak/balita. Selain posyandu untuk balita, dilaksanakan juga posyandu untuk lansia untuk pengecekan kesehatan diantaranya cek kolesterol.

Bersamaan dengan posyandu ini, dilakukan juga Pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular). Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin. Bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu, dilaksanakan juga giat Integrasi Layanan Primer atau ILP yang merupakan bagian integral dari transformasi kesehatan.giat ILP ini berfokus pada tiga hal, yaitu siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan, perluasan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat kalurahan dan padukuhan, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan. Adapun sasaran ILP meliputi Ibu hamil, bersalin, nifas, Bayi dan anak pra sekolah, Usia sekolah dan remaja, Usia Dewasa dan Lansia.

Komentar atas Pelaksanaan ILP Posyandu Balita Dan Lansia Serta Screening PTM Dusun Polosiyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License