Pembuatan SIAGABAG, Inovasi Dari KKN TRC UNNES

Aditya Pertama 19 Agustus 2025 10:59:51 WIB

Kegiatan “Pembuatan SIAGABAG” merupakan inovasi dari Mahasiswa KKN Tematik Tsunami Ready Community (TRC) Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2025, yang dilaksanakan di Kalurahan Poncosari Srandakan Bantul. Tujuan dari kegiatan ini yaitu:

  1. Meningkatkan kesadaran warga, terutama ibu rumah tangga, tentang pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana.
  2. Menyediakan media edukasi bencana yang menarik, mudah diakses, dan berkelanjutan.
  3. Mendorong keterlibatan aktif perempuan dalam mendukung program Tsunami Ready Community.
  4. Mengintegrasikan media pembelajaran TRC dengan produk yang bernilai guna dalam kehidupan sehari-hari.

SIAGABAG merupakan tas kain multifungsi yang didesain khusus dan dilengkapi dengan barcode digital (QR Code). Ketika dipindai dengan handphone, barcode tersebut akan menampilkan media pembelajaran interaktif
mengenai Tsunami Ready Community (TRC) serta profil desa Poncosari. Melalui pendekatan media edukasi berbasis produk fungsional, SIABAG menjadi alat penyuluhan sekaligus merchandise edukatif yang ramah lingkungan dan mudah dibawa ke berbagai kegiatan warga. Sasaran utama dari sosialisasi ini adalah Kelompok Ibu PKK di Kalurahan Poncosari, karena peran ibu-ibu sangat penting dalam menyebarkan informasi, membangun budaya sadar bencana di lingkungan keluarga, dan menjadi pelaku utama dalam proses kesiapsiagaan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License