Hasil Kegiatan Pemerintah Desa Poncosari Bidang Pendidikan

Aditya Pertama 18 Mei 2018 08:23:20 WIB

 

Hasil Kegiatan Pemerintah Desa Poncosari Bidang Pendidikan

  1. Langkah-Langkah Strategis Pemberdayaan

Pembangunan Bidang Pendidikan di Desa Poncosari diarahkan pada :

  • Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama generasi muda yang berkualitas sehingga menjadi generasi yang mandiri dan dapat berperan aktif sebagai subyek pembangunan melalui kursus, workshop, penyuluhan
  • Terwujudnya jalinan kemitraan antara lembaga pendidikan dengan pemerintah desa untuk pengembangan prestasi, dan meningkatkan kualitas sdm dg PKBM Pelita Sari
  • Tercapainya Wajar 9 Tahun dan mengurangi jumlah penduduk buta huruf.

 

  1. langkah-langkah strategis yang telah dilaksanakan adalah :
    • Dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas SDM masyarakat, maka Pemerintah Desa melakukan komunikasi dan koordinasi dengan lembaga yang berwenang agar sarana dan prasarana pendidikan formal negeri maupun swasta, sehingga mampu menenuhi ratio perbandingan tempat pendidikan dengan jumlah penduduk usia sekolah, memenuhi kebutuhan spesifikasi pendidikan yang mengarah skill teknis maupun untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan pada umumnya. Secara menyeluruh fasilitas pendidikan formal telah tercukupi, dengan identifikasi :

1

Pendidikan SLTA (Kejuruan)

:

SMK Binawiyata

2

Pendidikan SLTP

:

SLTP N 2 Srandakan

SLTP Muh I Poncosari

 

3

Pendidikan SD

:

SDN Talkondo

SDN Godegan

SD Muhammadiyah Gunturgeni

SD Muhammadiyah Sambeng I

SD Muhammadiyah Babakan

MI  Sambeng III

MIM Jragan II

SDN  Koripan

SDN Krajan

 

 

  • Dalam rangka mempersiapkan anak-anak sebelum memasuki jenjang pendidikan formal, dilakukan fasilitasi ketersediaan sarana dan prasarana pra pendidikan non formal dengan pembentukan atau pendampingan kelompok belajar TK dan PAUD, tempat pendidikan Taman Kanak-kanak telah tersedia sebanyak 8 TK. Sedangkan PAUD pada tahun 2015 ada 9 Unit. Daftar PAUD di Desa Poncosari adalah sebagai berikut :

Daftar PAUD

NO

NAMA LEMBAGA

ALAMAT

1

ASSHOLIKHAH

WONOTINGAL

2

CERIA

POLOSIYO

3

AZ ZAHRA

GUNTURGENI

4

SYAROTUL ANNAM

SAMBENG 3

5

ANAK SHOLEH

NGENTAK

6

TUNAS  KKN

KUWARU

7

TUNAS MELATI

JRAGAN 2

8

AISYIYAH

BABAKAN

9

PELITASARI

KORIPAN

 

 

SEKOLAH TAMAN KANAK KANAK

NO

NAMA LEMBAGA

ALAMAT

1

TK ABA KKN

KUWARU

2

TK ABA BABAKAN

BABAKAN

3

TK ABA SAMBENG

SAMBENG 1

4

TK ABA JRAGAN 2

JRAGAN 2

5

TK MASHITHOH

SAMBENG 3

6

TK ABA WANATINGAL

WANATINGAL

7

TK ABA GUNTURGENI

GUNTURGENI

8

TK ABA KORIPAN

KORIPAN

 

  • Disamping melalui jalur pendidikan formal, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengurangan jumlah penduduk buta huruf, Desa Poncosari mendirikan PKBM “PELITA SARI” Tujuan program ini adalah :
  • Memberi fasilitasi masyarakat putus sekolah yang sudah tidak terakomodir dilembaga pendidikan formal dalam rangka meningkatkan kapasitas strata pendidikannya lewat program paket A, B, C.
  • Mengurangi jumlah penduduk buta huruf

 

  • Upaya meningkatkan kepribadian dan ketahanan keluarga diselenggarakan melalui pendidikan kerokhanian yang berupa kegiatan-kegiatan keagamaan dari, oleh dan untuk masyarakat dengan arah terwujudnya akhlak yang mulia dan budi pekerti yang baik, diantaranya :
  • Majlis Taklim ( pengajian pengajian jamaah ) di semua dusun
  • TPA ( Tempat Pendidikan Al Qur’an ) sebanyak 16 kelompok
    • Perkembangan / Hasil Yang Dicapai

Berdasarkan sajian data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat perkembangan bidang pendidikan masyarakat di Desa Poncosari tahun 2015. Analisa nya sebagai berikut :

  1. Jumlah tempat dan daya tampung pendidikan formal yang ada telah mampu mencukupi ratio jumlah penduduk usia sekolah.
  2. Layanan Pendidikan Anak Pra-Sekolah di 24 Pedukuhan dapat terselenggara dengan baik melalui TK ( 8 unit ), PAUD ( 9  unit ) dan TPA ( 16 unit )
  3. Pada prinsipnya pemberantasan buta huruf telah tuntas karena penduduk usia dibawah 45 tahun sudah tidak ada lagi yang buta huruf. Kalaupun terdapat catatan penduduk buta huruf, hal itu disandang oleh penduduk yang telah berusia lanjut diatas 65 tahun. Pada tahun 2015 penduduk buta huruf tercatat sebanyak 69 orang,
  4. Wajib Belajar Pendidikan Nasional 9 tahun bagi anak usia 7 s/d 15 tahun yang semula sebanyak 1.467 anak, maka pada tahun 2015 menjadi 454 anak meningkat 8,2 %.
  5. Angka Putus Sekolah yang pada tahun 2015 sebesar 15 anak, berkurang menjadi 13 anak, berarti turun 13 %.
  6. Jumlah penduduk Tamat SLTP yang semula sebanyak 1.854 orang menjadi 1.991 orang atau meningkat 7,3 %

Komentar atas Hasil Kegiatan Pemerintah Desa Poncosari Bidang Pendidikan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License