Hasil Kegiatan Pemerintah Desa Poncosari Bidang Kelembagaan

Aditya Pertama 18 Mei 2018 08:30:00 WIB

Hasil Kegiatan Pemerintah Desa Poncosari Bidang Kelembagaan

 

  1. Langkah-Langkah Strategis Pemberdayaan

Pembangunan Bidang Kelembagaan diarahkan pada penempatan kelembagaan desa, dusun dan masyarakat sebagai mitra bagi Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

  1. Optimalisasi fungsi kelembagaan desa, dusun dan masyarakat dalam seluruh proses pembangunan desa maupun lingkungan pedukuhan mulai perencanaan, pelaksanaan dan pendayagunaan serta pemeliharaan.
  2. Memfungsikan kelembagaan desa, dusun dan masyarakat sebagai stakeholder pemasyarakatan kebijakan pemerintah ( Pusat, Propinsi dan Kabupaten ) serta menggali umpan balik aspirasi masyarakat dalam hiteroginitas interaksi perikehidupan dan kegiatan-kegiatan : ”agama, idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya, kamtibmas, pemerintahan maupun public servis”.
  3. Menjadikan forum-forum kelembagaan desa, dusun dan masyarakat sebagai media motivasi, dinamisasi dan stabilisasi peningkatan kapasitas desa dan masyarakat, mengoptimalkan potensi yang ada, serta menekan berbagai permasalahan yang dihadapi.
  4. Pemerintah Desa Poncosari melalui APB-Des tahun 2015 memberikan support anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan Kelembagaan Desa

 

  1. Perkembangan / Hasil-Hasil Yang Dicapai

Perkembangan kegiatan Kelembagaan Desa Poncosari, sebagai berikut :

  1. Secara menyeluruh dinamika kelembagaan-kelembagaan desa, dusun dan masyarakat dapat berjalan aktif dan dinamis menyesuaikan realitas lingkup fungsi dan peranannya.
  2. Keberadaan kelembagaan telah mampu menjadi kekuatan kolaborasi antar kelembagaan maupun masyarakat untuk bersama-sama menjadi subyek pembangunan, ujung tombak dalam perencanaan, pelaksanaan, pembiayaan dan pemeliharaan serta pengembangannya.
  3. Keberadaan kelembagaan telah mampu menekan berbagai konflik sosial sehingga kondisi keamanan dan ketertiban kondusif dan meningkat.
  4. Keberadaan kelembagaan telah menciptakan dan memelihara keharmonisan kehidupan masyarakat dan interaksi sosial maupun pelestarian nilai-nilai kearifan lokal.
  5. Keberadaan kelembagaan memberikan andil yang besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keberhasilan pembangunan di segala bidang..

Komentar atas Hasil Kegiatan Pemerintah Desa Poncosari Bidang Kelembagaan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License