Kunjungan Mahasiswa UPN, BUMDes Mukti Lestari Memberikan Penjelasan Terkait Pengelolaan Sampah

Aditya Pertama 11 Maret 2020 08:55:25 WIB

PoncoWarta - Sabtu (07/03/2020) BUMDes Mukti Lestari Desa Poncosari mendapat kunjungan dari mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta. Bertempat di rumah pilah sampah BUMDes Desa Poncosari yang terletak di dusun Wonotingal kunjungan para mahasiswa dilaksanakan pada siang hari.

Disambut oleh Hermitianta selaku Direktur dan seluruh angggota BUMDes Mukti Lestari , para mahasiswa dari UPN bermaksud untuk sedikit belajar pengelolaan sampah dan untuk meliput kegiatan BUMDes Mukti Lestari. Para mahasiswa yang berjumlah sekitar 25 orang sangat antusis dalam mendengarkan penjelasan dari para pengurus BUMDes.

Menurut penjelasan dari Hermitianta, bahwa layaknya masakan dengan banyak level kepedasan, #KONCOpilah punya beberapa tingkatan pilah sampah. Pilah sampah tingkat 1 dilakukan di rumah tangga pelanggan KONCO Pilah. #PilahSampahDariRumah merupakan pemilahan yang paling mudah, saat sesuatu yang akan dibuang belum jadi sampah.

Pilah sampah tingkat 2 dilakukan oleh tenaga KONCO Pilah ketika penjemputan sampah ke rumah pelanggan. Pilah sampah tingkat 2 ini tergolong memiliki tingkat kesulitan menengah, memilah sampah basah dengan sampah kering. Kadang ada 'jackpot' yang didapat oleh KONCO Pilah. Kejutan-kejutan itu dapat berupa bau, cairan, tekstur, bahkan bobot yang kelewat berat.

Pilah sampah tingkat 3 menjadi aktivitas paling susah, karena menuntut konsentrasi tinggi. Pilah sampah di tahap ini dilakukan di Rumah Pilah Sampah. Pencapaian tertinggi pilah sampah adalah ketika setiap bahan berkumpul dengan sejenisnya, tanpa ada percampuran sedikitpun dari bahan lain. Tidak boleh ada potongan plastik kemasan kopi di dalam sampah organik. Botol-botol bening harus dipisahkan dengan tutupnya yang berwarna.

 

Sumber : https://www.instagram.com/konservasi.poncosari/

Komentar atas Kunjungan Mahasiswa UPN, BUMDes Mukti Lestari Memberikan Penjelasan Terkait Pengelolaan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License