KONCO Pilah, Inspirasi Juli

Aditya Pertama 06 Oktober 2020 12:01:08 WIB

 
PoncoWarta - Warsinah sudah tiga tahun melakukan #PilahSampahDariRumah . Oleh anaknya yang berprofesi sebagai perawat, ia dibekali pengetahuan tentang dampak sampah plastik terhadap lingkungan. Warsinah selalu menyediakan dua keranjang di dalam rumahnya di Dusun Bodowaluh Desa #Poncosari. Ia memilah sampah organik dan sampah plastik setiap hari.
Ketika beraktivitas di dalam rumah, seperti memasak, makan, dan membersihkan rumah, ia langsung memisahkan sisa konsumsi sebelum memasukkannya ke tempat sampah. Bagi Warsinah dan keluarganya, pilah sampah dari rumah sudah menjadi kebiasaan, bukan lagi sebuah kegiatan yang menyita waktu dan tenaga.
 
Sejak bulan Januari 2020, Warsinah menjadi pelanggan layanan penjemputan sampah oleh #KONCOpilah BUMDesa Mukti Lestari. Berbeda dengan warga yang lain yang hanya memilah sampah basah dan sampah kering, Warsinah sudah melakukan 3 macam pemilahan, yaitu sampah organik, sampah anorganik basah dan sampah anorganik kering.
 
Kepedulian warga untuk memilah sampah dari rumah telah mengurangi penumpukan sampah yang tidak perlu. Karena sampah yang terpilah dapat segera diolah sehingga mengurangi potensi pencemaran lingkungan, misalnya sampah organik untuk dijadikan kompos.
 

Komentar atas KONCO Pilah, Inspirasi Juli

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License