Pengamatan Burung Bersama BUMDes Mukti Lestari Desa Poncosoari

Aditya Pertama 03 November 2020 10:12:18 WIB

PoncoWarta -  Oktober merupakan masa perpindahan burung-burung mengunjungi kawasan tropis untuk mencari makan, salah satunya ke Muara Sungai Progo, Poncosari.

Pada 10 Oktober yang lalu para pengamat burung memeringati Hari Burung Migran Sedunia (World Migratory Bird Day). Karenanya, selama bulan Oktober dan November para pengamat burung yang tergabung dalam Paguyuban Pengamatan Burung Jogja (PPBJ) @ppbj.yogyakarta lebih rajin mengunjungi Muara Progo.

Tahun ini memberi semangat yang berbeda bagi anggota ppbj. "Kemarin ada spesies baru yang mampir ke sini," kata Aghnan di sela-sela aktivitas pengamatan burung di Muara Progo ( 18/10). "Itu di luar 44 spesies yang sering singgah di sini?" @rumitianta bertanya. "Iya. Entah individu Sandpiper itu tersesat atau terlepas dari kawanannya. Biasanya di musim seperti ini mereka bermigrasi ke Amerika Selatan. Kalau tempat berkembangbiaknya ada di Alaska dan Kanada. Saat ini teman-teman pengamat burung di Indonesia sedang bertukar info tentang keberadaan spesies itu di Indonesia," papar @aghnan dengan antusias.

Cerita itu sangat menarik bagi saya pribadi, apalagi bagi teman-teman yang mengikuti tur bersepeda keliling desa. @marlinahesti dkk. terlihat bersemangat mencoba piranti pengamatan burung yang digunakan @rahmadi.yono. Tak kalah antusias dengan Aghnan, Yono mengarahkan teropong pada seekor Gajahan Besar (Numenius arquata) yang sedang beristirahat di tepi sungai. Bergantian, Hesti dan teman-temannya mengamati aktivitas burung berukuran sedang dan berparuh bengkok itu. "Iya, tadi aku lihat yang ini," kata Dika sambil menunjuk gambar burung berpola bercak cokelat di buku panduan. Mas Yono sedang mengajarkan cara indentifikasi spesies burung yang teramati untuk dicocokkan di buku panduan.

BUMDesa Mukti Lestari mendukung aktivitas pengamatan burung di Muara Progo melalui kegiatan #KONCOplesir. Para pengamat burung dapat berbagi cerita tentang burung migran pada para peserta tur bersepeda keliling desa. Harapannya, semakin banyak orang yang menyebarluaskan semangat konservasi untuk mendukung kelestarian ekosistem tempat singgah burung-burung migran.

Photo by :
@rumitianta
@konservasi.poncosari

 

Sumber Instagram Konservasi Poncosari

Komentar atas Pengamatan Burung Bersama BUMDes Mukti Lestari Desa Poncosoari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License