Paparan Laporan Kegiatan KONCO Pilah

Aditya Pertama 22 Maret 2021 09:15:59 WIB

PoncoWarta - Hermitianta selaku direktur BUMDes Mukti Lestari kalurahan Poncosari menyampaikan  laporan terkait kegiatan BUMDes Mukti Lestari pada unit usaha KONCO Pilah yang khusus menangani dan mengelola sampah di kalurahan Poncosari.

Dalam paparan laporannya, Hermitianta menyebutkan bahwa 1-2 tahun ke depan, Yogyakarta akan mengalami krisis pengelolaan sampah. Tahun 2022 Poncosari sudah selangkah lebih maju dengan pengelolaan sampah tingkat kawasan desa berbasis TPS 3R dengan SOP yang baik dan benar. Prospek usaha pengelolaan sampah yang menjanjikan dengan adanya bahan baku produksi yang tidak terbatas, yaitu sampah rumah tangga.

Kegiatan Usaha pada unit KONCO Pilah ini meliputi penjemputan sampah ke 215 KK pelanggan, dari 30% KK memilah bahan organik-anorganik, KONCO Pilah juga memberikan jaminan sampah yang terpilah tidak akan tercampur lagi selama proses pengangkutan. Maret 2020 KONCO Pilah mengelola 2.960Kg sampah dari 180 KK pelanggan di kalurahan Poncosari yang terdiri daari 60% sampah organik, 10% sampah daur ulang dan 30% sampah residu.

Dari pemilahan ini terdapat pula nilai tambah yang diperoleh, diantaranya pembuatan kompos sampah organik untuk meningkatkan kualitas produk pertanian yang diberlakukan di lahan pasir menggunakan 200Kg kompos untuk 100M2 luas lahan.

 

 

 

Komentar atas Paparan Laporan Kegiatan KONCO Pilah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License